Kamis, 16 Februari 2012

Taiwanese Bread

Sukaa.. banget sama yang namanya roti..,sebenernya sih penasaran aja klau makan roti yang bisa lembut dan empuk,makanya aku cukup sering bikin roti,kalau makan roti sih dah biasa tapi klau makan roti fres from the oven hmmm nikmat banget,wanginya duh anget anget enakk banget,jadinya suka nyoba nyoba resep roti,roti empuknya bu Fat enak empuk tapi banyak pemakaian telurnya kebetulan anak2 dirumah suka bintitan klo kebanyakan telur,hehe ngk keren banget..ya hihi..,
kadang juga pake resepnya Sedap dan resep rotinya pak Sahak.




Kali ini pengen nyobain Taiwanese bread ini yang katanya roti Bread Talk pake resep ini juga toko2 roti besar juga .wah penasaran nih aku pengen banget nyoba.. secara kalau makan rotinya Bread Talk suka tak amat-amatin tuh roti..kok bisa lembyuut dan empyuuuk banget ya...

aku liatnya di blognya mba Yunita http://www.pawonomah.tk/2011/11/pr-lbt10-sweet-bread-taiwanese-bread.html

 Ini tak copy dari Pawon Omah ya:



TAIWANESE BREAD
(Boiled dough NCC)


BAHAN

1. Pre-Dough:

100 grm air panas
50 grm Terigu Protein Tinggi


                                    
Jangan sampai keabuan warnaya karna nanti sudah tidak bisa dipakai


 2. Biang (Sponge):


300 grm Terigu Protein Tinggi
5 grm Ragi instan
10 grm Gula pasir halus
180 grm air

3. Adonan Utama:

100 grm Gula pasir halus (aku gula pasir di blender)
6 grm garam
60 grm mentega
1 resep pre-dough
2 grm bread improver
40 grm telur utuh (kurang lebih 1 butir) (aku pakai 1 butir)
28 grm serpihan es
200 grm Terigu Protein Tinggi
20 grm susu bubuk fullcream
15 grm madu (aku ngk pakai)
25 grm air es


Cara Membuat:

1. Pre Dough

a. Aduk semua bahan hingga rata, di atas api kecil.
b. Istirahatkan sekitar 2 jam (dalam chiller).

Adonan pre-dough ini tahan di dalam kulkas hingga 1 bulan, di dalam freezer hingga 3 bulan.


2. Biang /Sponge:
a. Uleni semua bahan hingga rata sekitar 6 menit.
b. Istirahatkan sekitar 90 menit di suhu ruang.


3. Adonan utama:
a. Masukkan pre-dough ke dalam sponge.
b. Tambahkan gula pasir halus, garam, susu bubuk, bread improver. Uleni rata.
c. Masukkan telur, madu, serpihan es. Uleni rata.
d. Masukkan terigu protein tinggi, uleni rata.
e. Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil terus diuleni.
f. Terakhir, tambahkan mentega, uleni hingga kalis. 
   Kalau aku setelah di tambahkan mentega, aku pake mikser yang spiral sebentar,setelah itu aku bagi 2        pakai pisau, trus aku mikser lagi sampai elastis maksudnya biar nggak berat,sebentar kok miksernya kurleb 5 menitan,setelah elastis gantian dengan adonan yang satunya,kemudian satukan lagi aku biasa setelah dikalisin pakai mikser di ulenin dikit lagi pakai tangan,biar sreg hehe...
g. Istirahatkan selama 5 menit sebelum dibentuk (selama istirahat, adonan ditutup plastik agar tidak kering).
h. Olesi tangan dengan sedikit minyak salad, kemudian mulai membagi adonan roti masing-masing 60 gram, bulatkan, susun di atas meja sesuai urutan.
i. Ambil tiap bulatan sesuai urutannya, gilas, beri filling dan bentuk sesuai keinginan, letakkan diloyang yang sudah dioles mentega, beri jarak satu dengan yang lain.
j. Biarkan mengembangkan lagi selama 30-45 menit. Beri topping diatasnya
k. Oven kurleb 20 menit dalam suhu 180-200 "C atau hingga roti matang (Kecoklatan).

                                                                          
                                                      

 Adonannya ku timbang ada 1 kg 50 grm aku bagi 2 adonan yang 550 g ku buat floss roll jadi 2 loyang ukuran20 x 30 kayaknya hehe..maaf ngk ngukur..sisanya aku bagi 50 g,tapi yang buat caterpilar sosis sekitar 60 g. Untuk bikin caterpilarnya aku  liat di blognya mba Ricke, dan sisanya ku isi ganache coklat yang kebetulan masih ada di kulkas.


                                                           

Jangan kaget adonan memang aga' lembek makanya  kita olesi tangan degan minyak supaya ngk lengket,membuatnya memang membutuhkan waktu yang lebih banyak dibanding bikin roti biasa yang tinggal cemplang cemplung uleni,tapi Percaya deh hasilnya benar2 memuaskan empuuukkk banget lembuuutttt banget percisss kayak rotinya Bread Talk..
Alhamdulilah puas banget dan aku cocok pake resep ini..dan beberapa orang yang makan roti ini juga bilang rotinya kyak Bread Talk empukk banget dan lembuut,... Alhamduluilah ^___^

2 komentar:

  1. resep diatas dijadiin adonan untuk donat bisa gak ya?

    BalasHapus
  2. Halo bu

    1)Saya ingin tanya tujuan pakai madu dlm pembuatan roti taiwan utk apa?

    2)klo madu di ganti gula emang rasanya roti jd gmn?

    Terima kasih

    BalasHapus